Hot Posts

6/recent/ticker-posts

7 Tempat Aman Jual Beli Emas

Investasi emas menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat khususnya bagi para ibu yang ingin mendapatkan kenaikan harga emas dengan tingkat likuiditas tinggi. Artinya, menyimpan emas untuk jangka panjang menguntungkan karena harganya cenderung naik, sekaligus mudah untuk dijual untuk mendapatkan uang saat kondisi keuangan butuh dana darurat.Investasi emas ini cocok buat mereka yang berniat menanam sebuah investasi untuk masa depan tapi cenderung awam terhadap mekanisme investasi di bank atau bursa efek.

Bagi ibu rumah tangga, selain bisa dijadikan investasi, khusus emas perhiasan juga dapat dipakai sebagai aksesoris untuk mempercantik diri dalam beberapa kegiatan seperti arisan atau ke pesta perkawinan misalnya. Jika tujuan membeli emas untuk investasi, maka disarankan membeli jenis emas batangan dari Antam (PT Aneka Tambang), bisa dalam bentuk emas 1 gram, 5 gram, 10 gram, 15 gram, dan sebagainya. Untuk menjaga kualitas emas yang dibeli, sebaiknya membeli emas tersebut di tempat resmi penjualan emas berikut ini:

Jual Beli Emas Pegadaian

Pegadaian, selama ini dikenal sebagai tempat mendapatkan uang tunai dengan menjaminkan barang yang dimiliki dengan istilah gadai. Pegadaian kini berkembang melayani transaksi baik itu konvensional maupun syariah, dengan pengembangan bisnis jual beli emas secara tunai dan kredit. Tapi hanya Pegadaian yang punya outlet Galeri 24 yang melayani pembelian secara tunai. Kalau di kantor cabang di daerah-daerah biasanya hanya melayani kredit. Semua emas yang dijual di Pegadaian berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) sehingga terjaga kualitasnya.

Jual Beli Emas di Unit Bisnis Antam

Unit Bisnis Antam berlokasi di Pulogadung, Jakarta Timur melayani jual beli emas dengan harga murah karena langsung dari produsennya. Transaksi harian jumlah pembeli dibatasi sampai 150 orang saja. Selain antrian, unit bisnis Antam juga melayani pembelian lewat delivery order, berlaku juga untuk beberapa daerah-daerah tertentu. Tapi, kita akan dikenai biaya antar. Harga beli kembali (buyback) emas produk Antam sebesar 95 persen dari harga pasar. Artinya harga yang ditetapkan kalau kita menjual emas yang dulu dibeli dari Antam sebesar 95 persen dari harga pasar.

Jual Beli Emas di Gedung Pusat Antam

Gedung pusat Antam di  Jalan Simatupang, Jakarta juga melayani jual beli emas, dengan harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan di Unit Bisnis di Pulogadung. Jumlah pembeli di sini lebih sedikit, sehingga tak berjubel. Kelebihan lainnya adalah kita bisa membeli emas tanpa batas.

Jual Beli Emas di Cabang Antam
Masyarakat bisa melakukan jual beli emas langsung dari Antam dengan cukup berkunjung ke kantor cabang Antam atau Butik Emas yang ada di daerah-daerah seperti Bandung, Makassar, Surabaya, dan Palembang. Harga emas di kantor cabang atau Butik Emas Antam di daerah-daerah sama saja dan sedikit lebih tinggi daripada di Pulogadung dan gedung pusat Antam. Kalau area kita tercakup layanan delivery order di daerah, kita bisa memanfaatkannya dengan membayar biaya antar. Harga beli kembali emas Antam di daerah sama dengan di pusat.

Jual Beli Emas di Butik Emas Mobile

Demi menjangkau layanan masyarakat yang lebih luas, Antam kini juga punya Butik Emas Mobile berupa gerai di tempat keramaian, misalnya di dalam mal, dengan jadwal yang bisa dilihat di situs Antam. Harga emas di sini sama dengan harga di gedung pusat. Butik Emas Mobile juga melayani jual beli emas di tempat. Syarat dan ketentuan pembelian emas dari masyarakat di sini mengikuti aturan dari gedung pusat Antam.

Jual Beli Emas di Toko Emas

Umumnya toko emas menjual emas berupa perhiasan dengan harga lebih mahal ketimbang emas batangan di Antam karena ada biaya pengolahan. Pembeli perlu tahu bahwa harga belinya mungkin tak sebanding dengan harga penjualannya nanti. Bisa-bisa kita malah rugi karena harga jual emas perhiasan di toko emas lebih rendah daripada saat kita membelinya dulu.

Jual Beli Emas di Bank Syariah

Jual beli emas menjadi ceruk bisnis baru bagi sejumlah bank syariah misalnya Bank Syariah Mandiri. Karena core bisnis bank adalah menjual produk kredit, maka kalau beli di bank syariah, kita bisa beli emas secara kredit. Syaratnya biasanya cukup gampang, tak perlu ada survei dari pihak bank. Skema kredit ini meringankan keuangan pembeli karena pembayarannya bisa lewat mekanisme cicilan per bulan. Bank syariah juga menerima gadai emas yang telah dibeli dengan nilai hingga 95 persen dari harga pasar.


Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia